worldfile

Semua orang pasti setuju hal yang paling membedakan manusia dengan benda tak hidup adalah kemampuannya untuk bergerak, lebih dari itu berpikir, menggerakkan tangan dan kakinya untuk berjalan sesuai kemauannya, tidak seperti karakter tiga dimensi pada sebuah konsol yang hanya bisa melakukan apa yang diperintahkan pemainnya, berjalan, berlari, melempar bom, menegeluarkan senjatanya dan menghancurkan lawan yang menghadangnya, menghancurkan tank, pesawat dan kendaraan bersenjata lengkap dan akhirnya mengalahkan pemimpinnya, the stronger boss! tapi si karakter itu tidak bisa menggambar, menulis, dan berpikir seperti kita.

Ribuan bahkan jutaan manusia di dunia ini telah meng-upload peran serta mereka, menambah filesize dari ‘file.world’ sesuai kelebihan mereka masing-masing, pengetahuan yang pantas untuk diketahui, kedinamisan yang fluktuaftif, alunan nada dari do sampai sol yang dari kombinasinya membuat orang jadi semangat, sedih, tertawa, penemuan-penemuan baru yang menjadikan para founding father dihighlight dan diabadikan pada daftar penerima nobel prize, kebudayaan, dan seratus tujuh puluh sembilan folder lainnya. Para uploader itu adalah orang yang serbaaktif, pantang menyerah, tidak pernah menerima kestatisan, tidak pernah ‘orphan’ dan prioritas mereka untuk kedinamisan dunia adalah sangat tinggi dan konsisten. Mereka tidak ingin anak cucu mereka berkeluh kesah mengangkut air dari kedalaman seratus lima puluh meter hanya dengan tali tambang, tetapi cukup dengan satu gerakan, menekan tombol merah!

Lima drive yang berlabel Asia, Afrika, Eropa, Australia dan Amerika direpresentasikan dengan warna masing-masing, warna paling tua berarti paling besar pengaruhnya pada dunia, tebak yang mana…


About this entry